Aturan Baku bagi Peserta Lomba Burung Berkicau dalam memperebutkan Trophy Single Fighter (SF) dan Bird Club (BC) di BINTANG LIMA COMMUNITY (B05C)

Syarat dan Ketentuan Baru bagi Peserta Lomba Burung Berkicau dalam memperebutkan Trophy Single Fighter (SF) dan Bird Club (BC)


Menindak lanjuti beberapa laporan yang masuk ke meja redaksi BINTANG LIMA COMMUNITY (B05C), setelah di pertimbangkan akhirnya kami memutuskan untuk menjelaskan kepada seluruh Kicaumania / Ngekemania Nusantara tentang kriteria peserta Lomba Burung Berkicau yang layak di kategorikan sebagai Single Fighter (SF) dan Bird Club (BC). Dari pengalaman 2 kali menggelar Latihan Prestasi (Latpres) Rutin dengan Format perolehan point terbanyak untuk memperebutkan Trophy SF dan BC (November & Desember) sebagai pengganti Format yang lama yaitu melombakan Juara dari setiap kelas untuk mencari yang terbaik / Best Of the Best (BOB), maka dirasa sangat penting untuk membuat aturan baku  dalam pengumpulan point agar kedepannya tidak terjadi kesalah pahaman antara Panitia dengan Peserta Lomba Burung Berkicau. Selanjutnya kami akan mendefinisikan kriteria peserta Lomba Burung menurut Bendera / Alamat / Base Camp yang layak di kategorikan sebagai SF dan BC.

Pengertian tentang Single Fighter (SF) dan Bird Club (BC)


Single Fighter (SF)

Single Fighter (SF) merupakan attribut / julukan yang biasanya melekat pada Peserta Lomba Burung Berkicau Perorangan. Bisa jadi peserta perorangan ini memakai Bendera / Alamat / Base Camp perorangan (SF) atau Peregu / komunitas /  Bird Club (BC) dengan mengikut sertakan Nama Burung yang di miliki oleh dirinya sendiri atau Nama Burung milik orang lain namun tetap harus menggunakan satu Nama Peserta dan satu Bendera / Alamat / Base Camp. Tidak menutup kemungkinan, peserta perorangan ini juga membawa beberapa supporter untuk membantu menaikkan Burung yang telah didaftarkan atas nama peserta perorangan tersebut.
Berikut ini kriteria Peserta Lomba Burung Berkicau yang layak di masukkan ke dalam kategori Single Fighter (SF) dalam perebutan Trophy SF di Gantangan BINTANG LIMA COMMUNITY :

  1. Bendera / Alamat / Base Camp WAJIB mencantumkan satu (1) Nama Peserta Lomba perorangan.
  2. Peserta Lomba perorangan Tidak WAJIB mencantumkan kata Single Fighter (SF) dalam atribut Bendera / Alamat / Base Campnya.
  3. Peserta Lomba perorangan diperbolehkan mencantumkan lebih dari satu (1) Nama Burung dalam perolehan point.
  4. Peserta Lomba Perorangan diperbolehkan mendaftarkan lebih dari satu (1) Nama Burung dalam setiap kelas untuk memaksimalkan perolehan point.
  5. Apabila perolehan point melibatkan Nama peserta perorangan lain meskipun bendera / Alamat / Base Campnya sama, maka secara otomatis akan dimasukkan dalam kategori Bird Club (BC)

Bird Club (BC)

Bird Club (BC) sangat identik dengan Komunitas atau Perkumpulan Pecinta berbagai macam jenis Burung. Label Bird Club (BC) ini juga sering disematkan pada Bendera / Alamat / Basecamp Kicaumania Nusantara meskipun anggotanya cuma satu orang dan sering juga dipakai dalam Pagelaran Lomba Burung Berkicau yang mereka ikuti.  Peserta Lomba Burung Berkicau yang kebetulan memakai label Bird Club (BC) namun hanya memiliki 1 (satu) Nama Peserta Lomba maka secara otomatis kami kategorikan sebagai Single Fighter (SF).
Berikut kriteria Bird Club (BC) yang layak untuk bersaing memperebutkan Trophy BC dalam Latihan Prestasi (Latpres) Rutin di Gantangan BINTANG LIMA COMMUNITY :
  1. Bendera / Alamat / Base Camp diperbolehkan mencantumkan lebih dari satu (1) Nama Peserta Lomba.
  2. Bendera / Alamat / Base Camp dari Peserta Lomba Tidak WAJIB berlabel Bird CLUB (BC)
  3. Setiap Nama Peserta Lomba WAJIB mencantumkan identitas Bendera / Alamat / Base Camp yang sama dalam perolehan point.
  4. Setiap Nama Peserta Lomba diperbolehkan mencantumkan lebih dari satu (1) Nama Burung.
  5. Setiap Peserta Lomba tidak dilarang untuk mendaftarkan lebih dari satu (1) Burung dalam setiap kelas untuk memaksimalkan perolehan point.
  6. Apabila didapati dalam salah satu Bendera / Alamat / Base Camp yang berlabel Bird Club (BC) hanya memiliki satu (1) Nama Peserta Lomba, maka secara otomatis kami kategorikan sebagai Single Finghter (SF) dan berhak untuk memperebutkan Trophy Single Fighter (SF)

Penilaian dan Perolehan Point

System penilaian yang kami aplikasikan dalam Pagelaran Lomba Burung Berkicau yang bertajuk Latihan Prestasi (Latpres) Rutin di Gantangan BINTANG LIMA COMMUNITY hanya di berikan kepada 3 Besar dengan perincian sebagai berikut :
  1. Juara pertama memperoleh 100 points.
  2. Juara kedua memperoleh 50 points.
  3. Juara ketiga memperoleh 25 points.

Keterangan :

  • System penilaian ini berlaku untuk semua peserta Lomba baik yang masuk dalam kategori Single Fighter (SF) maupun Bird Club (BC)
  • Point yang di peroleh Peserta Lomba yang sudah dimasukkan dalam kategori Single Fighter (SF) tidak boleh dimasukkan lagi dalam kategori Bird Club (BC). Begitu juga sebaliknya.
PS :
Kepada seluruh peserta lomba, kami mohon kerjasamanya untuk saling mengawasi dan mengingatkan panitia maupun peserta lomba lainnya apabila terjadi hal-hal yang menjurus kepada ketidak jujuran dan kecurangan dalam menginput data pemenang khususnya yang berkaitan dengan peraih Trophy Single Fighter (SF) maupun Bird Club (BC). Karena menjadi pemenang atau juara bukan segalanya bagi kita Kicaumania / Ngekekmania Nusantara. Yang paling utama adalah menjalin tali silaturahmi dan menjaga hubungan persaudaraan karena hobby ini hingga kita mati. Insyaa ALLAH

Salam Guyub Rukun Runtang Runtung Bebarengan Seduluran Selawase

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.